Cara Install Google Camera (GCam) di MIUI 11 Xiaomi

By | February 2, 2020

MIUI 11 EU terbaru yang saya coba pada Xiaomi Redmi 5 Plus, bekerja cukup normal, semuanya berjalan lancar dan tidak ada bug atau masalah yang saya temukan selama kurang lebih 5 hari pemakaian.

Namun 1 hal yang saya temukan saat ingin memasang Google Camera (GCAM) adalah tidak terdapatnya fitur camera 2 api aktif, ROM ini belum memiliki fitur ini secara bawaan, saya juga tidak tahu mengapa.

MIUI EU dan MIUI official sebenarnya sama saja karena berbasis pada ROM yang sama, sehingga tidak ada perbedaan file atau cara pemasangan untuk keduanya, hanya saja tidak semua versi bisa terpasang pada ROM MIUI.

Panduan ini juga bisa diikuti apabila kalian berada di MIUI 8, 9 atau 10 karena memasang APK tidak ada perbedaan, hanya saja pastikan mengikuti versi Android seperti panduan dibawah sebelum memilih dan mendownload APK kameranya.

Baca Juga: Cara Install ROM MIUI 11 EU di HP Xiaomi

Padahal pada beberapa Custom ROM lainnya seperti Pixel Experience yang saya coba, sudah otomatis aktif dan bisa langsung install GCam tanpa harus melakukan aktivasi manual lagi.

Persiapan Sebelum Memasang GCAM Xiaomi

  • Pastikan HP sudah di ROOT dan terpasang TWRP 
  • Pastikan Camera 2 API sudah terpasang
  • Pastikan Camera 2 API sudah aktif

Cara Pasang Camera 2 API di MIUI

Untuk memasang Camera2Api, download file C2API_enabler_v1500.zip kemudian flash melalui TWRP kalian.

Atau bisa menggunakan Magisk dan tambahkan pada bagian module, kemudian restart hp kalian.

Untuk panduan lebih lengkap silahkan baca: Cara Mengaktifkan Camera 2 API di Android

Apabila kalian menggunakan Custom ROM seperti Android 9/10, beberapa diantaranya sudah diaktifkan secara bawaan.

Cara Cek Apakah Camera 2 API Sudah Aktif

Untuk melakukan pengujian apakah Cam2API sudah aktif, download Manual Camera Compatibility kemudian buka aplikasinya dan tekan Start.

Apabila sudah aktif maka akan hijau semua centang seperti gambar dibawah:

Apabila masih ada centang merah maka berarti Cam2API belum terpasang sempurna, silahkan dicoba lagi sampai aktif.

Cara Memasang Google Camera di Xiaomi MIUI 11

Ada banyak cara mendapatkan file atau APK GCam, misalnya dari Group Facebook HP kalian, XDA, Google, atau Telegram HP kalian masing-masing. Salah satu sumber terbesar adalah situs Celsoazevendo.

Perlu diingat!

  • Android 9  dan 10+ > Google Camera 7.x
  • Android 9+ > Google Camera 6.2
  • Android 8+ > Google Camera 6.1
  • Android 7+ > Google Camera 4

Contoh pada Redmi 5 Plus, MIUI 11 menggunakan versi Oreo 8.1, yang berarti saya harus mencari versi 6.1 atau dibawahnya.

Setiap versi bisa mencoba versi lebih dibawahnya (versi lama), namun tidak bisa versi diatasnya. Apabila versi yang dicoba crash, maka coba versi lama atau sebelumnya.

1. Kunjungi Download Google Camera atau Join Grup Telegram Gcam Indonesia

Disana kalian akan banyak menemukan file-file yang berbeda-beda dari berbagai developer, tidak semuanya akan cocok di HP kalian. Jadi harus membaca terlebih dahulu setiap deskripsi.

APK GCam bisa kalian dapatkan darimana saja, seperti Grup Facebook HP kalian, maupun tempat lainnya, namun sumber utama yang umumnya digunakan adalah berasal dari website Celsoavezendo ini:

Berbagai Modder GCam

Jika sudah pernah membaca di grup-grup, biasanya ada yang menyebutkan nama developer, nah itu bisa kalian gunakan sebagai panduan.

Apabila masih bingung, klik pada “Suggested versions” yang dimana akan dibawa ke halaman yang sudah direkomendasikan, pilih sesuai versi Android kalian dan download apk kameranya.

Kalau saya sendiri biasa menggunakan versi Arnova atau BSG di Redmi 5 Plus saya.

Pada grup telegram Gcam Indonesia, tidak perlu repot-repot mencari karena hanya perlu mengetik nama hp maka sudah muncul Gcam yang siap didownload dan instal.

Contoh apabila hp kalian Redmi Note 4, maka cukup ketik didalam grup dan bot akan memablas dengan link apk gcam kalian.

2. Download file APK Google Camera

Ukuran filenya biasanya cukup besar, dari 70MB hingga 100MB lebih, tergantung dari versi dan developer karena berbeda-beda fitur didalamnya.

Jadi pastikan mendownload versi yang tepat apabila kalian menggunakan kuota internet.

3. Install GCam APK

Cara installnya seperti memasang apk lainnya, cukup buka dan tekan install, tunggu sampai proses pemasangan selesai.

instal gcam miui
gcam miui terpasang

Jika ada masalah seperti parse error dan semacamnya, kemungkinan besar adalah file yang kalian download corrupt (tidak selesai), atau bisa juga disebabkan hal lainnya.

4. Buka dan test GCam

Setelah berhasil terpasang, maka langsung coba buka dan test mengambil beberapa foto untuk melihat hasil sekaligus mengetahui apakah bisa berjalan lancar atau tidak.

Saat pertama kali dibuka, kalian akan disuruh memilih 4 jenis permission, pilih Allow untuk semuanya agar GCam berjalan lancar.

Selesai! GCam berhasil terpasang dan siap digunakan:

test gcam xiaomi

Apabila GCam Stopped Working

Hanya ada 2 kemungkinan kenapa Gcam kalian force close, yaitu:

  1. Versi GCam tidak sesuai versi Android (cek pada bagian atas)
  2. Cam2Api belum aktif

Pastikan mendownload GCam yang versi nya sesuai dengan versi Android kalian, contoh untuk Oreo 8.1 maka hanya bisa menggunakan Gcam versi 6.1, jika mencoba versi diatasnya maka tentu tidak akan bisa.

Kemudian kalau cam 2 api belum aktif maka otomatis akan bertuliskan “Google Camera keeps stopping” atau tiba-tiba freeze, karena Gcam membutuhkan itu untuk bekerja.

Atau bisa juga karena versi tersebut tidak cocok, sehingga harus mencari versi gcam lainnya (setiap developer berbeda-beda).

Sampai langkah ini sebenarnya sudah selesai, jika kalian memang hanya ingin sekedar menginstal kamera di HP, namun biasanya kalau yang penasaran, bisa menguji coba dengan berbagai experiment pada kameranya sampai menemukan versi yang paling cocok.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Dark Mode di MIUI EU 11

Ada banyak sekali kelebihan Google Camera dibandingkan kamera bawaan Xiaomi MIUI, selain hasilnya yang lebih bagus, ada banyak customisasi yang bisa kalian lakukan didalamnya.

Beberapa GCam juga mempunyai fitur khusus tersendiri, seperti Night Light, Slow Motion, ada juga yang saturasi bisa diatur menghasilkan gambar lebih cerah, hingga mengurangi noise kamera, tentunya kamera bawaan tidak punya fitur ini.

Selebihnya, terserah kalian untuk mengujicoba berbagai jenis dari developer lain atau versi lain. Hanya saja perlu diingat bahwa ada beberapa GCam yang tidak bisa ditimpa sehingga harus di uninstall terlebih dahulu.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *