Cara Mengajukan Refund Order Amazon (100% Works)

By | February 4, 2020

Berdasarkan pengalaman saya membeli barang dari Amazon US yang rata-rata adalah buku, ada 3 kali saya mengajukan refund dengan berbagai alasan, dari barang rusak, tidak sampai, hingga keterlambatan.

Bisa dibaca pengalaman belanja buku dari Amazon US, saat itu paket saya sampai dengan selamat, jadi tidak perlu mengajukan refund.

Namun jangan takut karena kemungkinan terjadi sangat kecil, dan apabila terjadi toh Amazon siap mengganti uang kembali 100% + terkadang mendapatkan diskon tambahan asalkan sesuai dengan ketentuan mereka.

Proses pengajuannya juga sangat mudah karena ada Customer Support yang siap membantu kalian melalui berbagai cara.

Refund atau pengembalian dana dari Amazon mempunyai beberapa syarat, salah satunya yang paling umum adalah terlambat atau tidak sampai sama sekali, nah apabila kalian mempunyai kasus yang sama atau sedang mengalami keterlambatan paket, solusi ini bisa dicoba.

Persiapan Pengajuan Dana (Refund) Amazon

Sebelum mengajukan refund, ada baiknya siapkan dulu pertanyaan yang ingin kalian ajukan, karena ini Amazon US maka otomatis harus dalam bahasa inggis.

Jika tidak bisa bahasa inggris, gunakan Google Translate untuk membantu percakapan dengan Customer Support Amazon, tenang saja, mereka orangnya sabaran dan pasti mengerti masalah kalian.

Kemudian pastikan mengcopy order number kalian, letaknya ada dihalaman order:

order id amazon

Karena biasanya mereka akan menanyakan nomor tersebut diawal chat, jadi ada baiknya dipersiapkan agar mereka bisa langsung cek barang yang tepat.

PENTING

Disini yang bisa direfund dengan mudah dan cepat adalah orderan yang langsung melalui Amazon.com sebagai penjualnya (barang dari gudang mereka).

Apabila kalian membeli dari seller lain yang dikirim langsung dari seller tanpa melalui Amazon, maka prosesnya berbeda karena harus ada kesepakatan terlebih dahulu antara kedua belah pihak sebelum bisa refund.

Artikel ini membahas tentang orderan yang dibuat melalui direct dari Amazon langsung karena lebih mudah proses nya dan tanpa perlu menunggu lama (otomatis dikirim ulang / refund).

Order dari Amazon langsung akan bertuliskan seperti ini dibawah Seller Information:

seller information amazon.com
Seller Information

Cara Menghubungi Customer Support Amazon

Amazon menawarkan berbagai cara yang bisa pengguna gunakan untuk mempermudah proses penyelesaian masalah order. Diantaranya:

  • E-mail
  • Phone (tidak tersedia di Indonesia)
  • Chat

Saya sendiri selama ini menggunakan Chat karena merasa lebih mudah sebab tidak harus menggunakan telepon, dan bisa langsung real-time dengan CSnya.

Kalian juga bisa pilih melalui E-mail apabila merasa kesulitan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan CS, pastikan isi E-mail kalian jelas dan kata-katanya tidak membingungkan untuk kelancaran proses.

Ingat: fitur Phone dan Chat tidak selalu tersedia, biasanya hanya tersedia jam 18:00 WIB keatas / 4 AM pagi waktu Amerika. Sedangkan fitur E-mail tersedia setiap saat.

Fitur Phone tidak tersedia untuk pengguna dari negara Indonesia, jadi menyisakan 2 opsi saja yang tersedia.

Cara Mengajukan Pengembalian Dana (Refund) Amazon

Karena saya sudah pernah mencoba kedua cara baik melalui E-mail maupun Chat, maka bisa saya ceritakan sedikit pengalaman dan apa saja yang saya lakukan

Langkah 1: Kunjungi Amazon dan klik Help

Tombol Help ada dibagian atas, dekat kolom pencarian:

help button amazon

Langkah 2: Pilih Need More Help dan klik Contact Us

Scroll sedikit kebawah untuk menemukan bagian yang sesuai screenshot dibawah ini:

contact amazon

Langkah 3: Pilih order yang ingin direfund

Apabila orderan terakhir kalian yang dimaksud, maka sudah otomatis muncul kalian hanya perlu menekan tombol centang saja disebelah gambar orderan.

Namun apabila yang dimaksud adalah orderan lama, maka tekan Choose Different Order dan cari barang yang kalian maksud kemudian tekan centang pada orderannya.

choose order amazon

Langkah 4: Pilih masalah pada orderan kalian

masalah order amazon
Masalah Order Amazon

Terdapat banyak pilihan masalah, seperti Where’s my stuff? (dimana barang saya) yang cocok digunakan apabila merasa barang hilang tidak kunjung sampai.

Problem with an order bisa digunakan apabila barang kalian rusak, dan sebagainya. Pokoknya pilih yang paling cocok dengan masalah barang kalian.

Nantinya tergantung apa yang kalian pilih akan ada turunan masalah di kolom 2 atau 3, untuk lebih detail lagi masalahnya.

turunan masalah amazon
Turunan Masalah Order

Contoh diatas: Problem with an order (masalah dengan sebuah pesanan) > Damaged item (barang rusak) > Packaging undamaged, product damaged (packing tidak rusak, produk rusak).

Contoh lain misalnya Where’s my stuff (dimana barang saya) > Shipment is late (pengiriman terlambat).

Pastikan memilih yang paling detail dan tepat pada orderan kalian.

Langkah 5: Pilih E-mail atau Chat Customer Support

Silahkan pilih yang mana kalian inginkan, untuk detailnya sudah saya jelaskan diatas.

Melalui E-Mail

Tekan tombol E-mail kemudian kalian akan dibawa ke bagian seperti gambar dibawah:

email customer support amazon
E-mail Amazon

Terdapat 2 pilihan yaitu yang lebih cepat responnya (atas, otomatis) atau yang sedikit lambat yaitu dalam kurang lebih 12 jam (bawah, manual).

Apabila kalian tidak ingin mengetik sendiri, maka pilih yang atas, kemudian tekan Send E-mail.

Jika ingin menulis isi pesannya sendiri, maka kalian bisa menjelaskan lebih detail masalah kalian (ingat, harus bahasa inggris yang tidak membingungkan.) kemudian tekan Send E-mail.

Selanjutnya, kalian cek secara rutin Inbox email yang terdapat pada akun Amazon kalian karena emailnya akan masuk kesana dan dilanjutkan dengan membalas Reply email mereka.

Melalui Live Chat

Tekan tombol Chat, maka akan muncul jendela baru seperti berikut:

live chat customer support amazon
Live Chat Customer Support

Ada pilihan mengubah nama (tidak wajib), kolom pesan dan tombol mengirim transkip chat ke email kalian.

Isi pada bagian kolom ditengah dengan pertanyaan kalian, apabila ingin langsung to the point, maka isi dengan nomor orderan (order id) kalian disana.

Misalnya saya ingin komplain barang saya yang tidak sampai, kurang lebih akan saya tulis seperti:

Hello, I need help with my order with id 123-456-789, its been 5 days since the estimated delivery date, and I still have not receive the package.

Kemudian tekan tombol Start Chat dan tunggu beberapa saat maka akan terhubung dengan Customer Support Amazon:

live chat customer support amazon
Contoh Live Chat

Seperti yang bisa kalian lihat, mereka menanyakan order id barang kalian terlebih dahulu. Kemudian selebihnya silahkan lanjutkan dengan masalah yang kalian miliki, CS akan mengecek pesanan dan menyesuaikan dengan resi yang ada.

Jawab semua pertanyaan yang mereka berikan sedetail mungkin, dan usahakan tidak menggunakan kata-kata yang membingungkan mereka.

Misalnya barang kalian hilang, maka jelaskan sudah lewat berapa hari, tidak ada tanda-tanda akan sampai (resi tidak ada), dan sebagainya.

Apabila Refund Diterima

Apabila kalian menjelaskan masalah sesuai dengan ketentuan Refund Amazon, maka mereka akan mengajukan pengembalian dana terhadap orderan kalian dan masuk ke dalam akun Amazon.

Barang rusak, tidak sesuai order, cacat, hingga keterlambatan termasuk kedalam kebijakan Amazon untuk hal refund.

Nantinya kalian akan ditanya ingin dikembalikan dalam bentuk apa, biasanya ada 3:

  • Barang dikirim kembali (Gratis)
  • Refund ke Kartu Kredit
  • Refund ke Gift Card

Saya sendiri selalu memilih Gift Card karena lebih cepat prosesnya dan mudah, sebab kalau kartu kredit harus menunggu beberapa hari untuk bisa masuk saldonya.

Jika memang ingin barangnya tanpa harus order ulang, maka bisa juga memilih suruh kirim kembali (kalau ada ditawarkan).

Apabila Refund Ditolak

Apabila gagal, biasanya akan dijawab suruh menunggu beberapa hari lagi untuk memastikan bahwa memang barang hilang, atau disuruh hal lainnya, maka ikuti saja dan hubungi lagi beberapa hari jika memang tidak sampai.

Berdasarkan pengalaman, barang Amazon memang terkadang telat beberapa hari apabila menggunakan kurir lokal seperti Pos Indonesia yang lumayan lambat pengirimannya.

Untuk barang yang rusak dan tidak cocok, pasti akan diganti kok, tenang saja.


Sampai tahap ini, sebenarnya sudah selesai dan hanya perlu menunggu hasil refund kalian (apabila diterima), namun apabila ditolak maka tunggu saja sebelum mengajukan kembali.

Proses dan Penerimaan Dana Refund Amazon

Setelah kalian berhasil diterima request refundnya, CS akan mengirimkan email ke kalian berisi detail barang serta jumlah yang akan dikembalikan ke akun Amazon kalian:

isi email refund amazon
Isi E-mail Refund Amazon

Jumlah uang yang dikembalikan akan masuk ke bentuk yang kalian pilih, contohnya saya memilih Gift Card, maka  proses refund segera dijalankan, saya hanya perlu menunggu kurang lebih 4 jam untuk mendapatkan saldonya di akun Amazon saya.

Terkadang diakhir percakapan, CS akan mengissuekan diskon sebesar $5 atau lebih untuk order kalian selanjutnya (barang yang dijual dari Amazon langsung), jika kalian beruntung atau memang sangat fatal kesalahan mereka.

saldo refund amazon
Bukti Refund Amazon

Selesai! saldo kalian sudah akan otomatis masuk ke dalam akun dan bisa digunakan untuk belanja barang lainnya lagi disana.

Jangan Mengajukan Terlalu Banyak Refund

Amazon memiliki beberapa peraturan mengenai batas jumlah refund yang bisa diterima oleh penggunanya, seperti yang diberitakan amazon melakukan ban terhadap pengguna yang melakukan pengembalian terlalu banyak.

Pastikan memang benar-benar menunggu terlebih dahulu apabila paket belum sampai, kemudian apabila kasusnya rusak maka memang wajib mendapatkan refund.

Tenang saja, dari sekian banyak orderan saya, sangat jarang barangnya rusak atau tidak sampai, mungkin 1 dari 10 orderan lah perkiraan yang akan bermasalah.


Itulah beberapa pengalaman saya selama menggunakan jasa Amazon sebagai tempat berbelanja segala barang yang saya inginkan.

Semoga teman-teman yang mengalami masalah pada orderan bisa segera terselesaikan.

Semoga Bermanfaat!

2 thoughts on “Cara Mengajukan Refund Order Amazon (100% Works)

  1. Ahmad

    Izin bertanya kak:
    Kalo awal pembayaran via wastern onion di pos Indonesia, apa refund nya bisa diuangkan kembali ???

    Reply
    1. HobiKetik Post author

      Halo Ahmad, saya belum pernah coba pakai itu, tapi hasil pencarian diwebsite Amazon mengatakan bisa namun hanya untuk Western Union yang “berpartisipasi” dilokasi tertentu, saya kurang tahu juga artinya apa, sebaiknya saat melakukan refund, tanyakan melalui Live Chat dan apabila tidak bisa, biasanya mereka akan kembalikan refund dalam bentuk Gift Card / metode lainnya.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *