Solusi Xiaomi Layar Blank Hitam Flash ROM MIUI

By | January 29, 2020

Bagi teman-teman pengguna Xiaomi yang sering mencoba ROM atau Custom ROM, dan ingin kembali ke MIUI Official. Biasanya akan menemukan beberapa masalah karena memang caranya berbeda dengan saat mengganti dari Custom ROM ke ROM lainnya.

Kebetulan saya menggunakan Xiaomi Redmi 5 Plus yang selama ini menggunakan Custom Rom Pixel Experience Plus sejak beberapa bulan dan memang tidak bermasalah.

Saat mendownload ROM official MIUI 11 terbaru, sebesar 1.4GB kemudian saya flash dihp dengan membersihkan (format) dari TWRP antara lain: dalvik & cache, internal memory, dll.

Setelah berhasil flash, hp saya pun bisa boot ke menu setup Xiaomi, memilih wifi, namun ada yang janggal ketika sudah menekan tombol accept ditahap terakhir, yaitu saat login akun Google.

Layar HP saya berubah menjadi blank hitam, dan hanya terlihat tombol back dinavigasi, logo baterai dan wifi saja. Sisanya tidak bisa ditekan apapun.

Jika ditunggu beberapa menit, akan keluar pesan bahwa Google Service Stopped Working. Kemudian saya restart berulang kali, namun tidak juga berhasil.

Ternyata solusi mengatasinya sangat mudah yaitu melakukan flashing ROM MIUI 2 kali. Penjelasan lebih lengkap ada dibawah ini.

Penyebab Layar Blank Hitam Setelah Flash ROM MIUI

Menurut saya penyebabnya adalah karena melakukan format pada system dan data lainnya, apabila kalian sering melakukan flashing pada ROM, biasanya ada beberapa ROM yang melarang melakukan wipe pada system, ada pula yang wajib clean install (termasuk system).

Melainkan hanya perlu melakukan Format Data saja (data,cache dan dalvik). Sehingga apabila melakukan full wipe yang normalnya dilakukan saat clean install, mengakibatkan file penting yang dibutuhkan ROM MIUI menjadi hilang dan menyebabkan crash.

Melihat dari solusinya yang harus melakukan flash 2 kali tanpa melakukan clear data apapun, mendukung asumsi saya mengenai penyebabnya.

Cara Memperbaiki Layar Blank Hitam Xiaomi ROM MIUI

Setelah membaca grup dan forum-forum selama beberapa menit, akhirnya saya menemukan solusinya yang ternyata cukup simple, namun memang aneh caranya karena belum pernah terjadi pada hp saya yang merek lain.

Sebelum mengikuti langkah dibawah, saya asumsikan kondisi hp teman-teman sekarang SUDAH berada di MIUI yang layar hitam saat login Google.

1. Taruh file ROM MIUI di Memory Card

Untuk melakukan flash, pastikan ROM sudah terdownload dan berada pada memori penyimpanan external kalian (misalnya SD Card).

Kalian bisa download ROM MIUI resmi di: MIUI Download

2. Jangan Clear apapun di TWRP

Ini merupakan langkah terpenting dan merupakan solusi layar hitam di MIUI tersebut, pastikan tidak membersihkan file apapun (wipe) saat berada di TWRP.

3. Flash ROM MIUI (menimpa)

ROM yang diflash ini akan menimpa ROM yang saat ini bermasalah, kemudian membuat masalah layar hitam tadi menjadi terselesaikan.

4. (Optional) Flash Lazy Flasher

Saat itu saya ikut flash Lazy Flasher melalui TWRP sebelum melakukan booting, ada baiknya melakukan hal yang sama untuk mencegah TWRP dihapus ke recovery bawaan.

Bagi yang belum punya filenya bisa download di: Download Lazy Flasher

Setelah itu, silahkan reboot HP kalian dan tunggu sampai selesai, maka bisa dipastikan layar blank hitam saat setup atau login akun Google sudah diatasi.

Cara ini sudah saya coba dan 100% berhasil di Redmi 5 Plus MIUI 11.

Jadi kesimpulannya adalah:

  1. MIUI sudah diflash namun bermasalah blank
  2. Flash ROM MIUI tanpa melakukan clear / wipe di TWRP
  3. Flash Lazy Flasher
  4. Selesai

Apabila masih berada di Custom ROM

Jika HP masih berada di Custom ROM, maka teman-teman bisa mengikuti langkah diatas, namun WAJIB melakukan wipe di advance wipe TWRP. Yang perlu dibersihkan adalah:

  • Dalvik / ART Cache
  • System
  • Internal Storage
  • Data
  • Cache

Kemudian flash ROM MIUI sebanyak 2 kali, barulah diflash dengan Lazy Flasher.

Perlu diingat cara ini belum saya coba karena saat itu posisi HP sudah berada di MIUI dan sudah saya reboot (kemudian layar blank hitam), barulah saya timpa dengan ROM MIUI lagi dan berhasil.

Jadi kesimpulannya (apabila masih berada di Custom ROM) adalah:

  1. Download ROM MIUI
  2. Clear data, cache, internal melalui TWRP
  3. Flash ROM MIUI
  4. Flash Lazy Flasher
  5. Flash ROM MIUI sekali lagi (tanpa clear / wipe di TWRP)
  6. Flash Lazy Flasher
  7. Selesai

Penutup

Sempat dibingungkan dengan kejadian ini, namun cara memperbaikinya yang sangat mudah membuat saya bertanya-tanya sebenarnya apa penyebab masalah ini.

Saat menulis artikel ini saya masih belum menemukan penyebabnya, tapi setidaknya dengan melakukan flashing ROM sebanyak 2 kali dan saling menimpa, bisa memperbaiki masalah layar hitam MIUI ini.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *