Berapa Lama Pengiriman Paket Amazon ke Indonesia

By | February 12, 2020

Ketika berbelanja barang dari Amazon US, para pembeli dari Indonesia (dan umumnya diseluruh negara) akan ditawarkan 3 jenis opsi yang bisa dipilih untuk mengirimkan paket pesanan.

Pada artikel ini saya akan memberikan gambaran mengenai perkiraan paket Amazon US sampai ke Indonesia.

Setiap opsi akan menawarkan berbagai kelebihan dan kekurangan, serta perbedaan harga juga mempengaruhi cepat atau lambatnya paket sampai ke depan pintu rumah pembeli.

Apabila teman-teman bingung memilih mana yang cocok saat ingin berbelanja, saya akan bantu coba jelaskan perbedaannya karena kebetulan sudah pernah mencobanya saat Membeli Buku di Amazon US

Saat itu pengiriman berlangsung lancar dan barang diterima dengan aman tanpa cacat yang berarti (masih dalam bentuk normal).

Jenis Opsi Pengiriman Amazon US

1. Standard International Shipping – No Tracking

Paket pertama saya dari Amazon menggunakan pilihan yang satu ini, karena lebih murah dari yang lain dan saya ingin menghemat sedikit pengeluarannya. Perkiraan sampai adalah 1 bulan atau lebih.

Sesuai namanya tidak ada tracking untuk melacak paket yang dikirim oleh mereka, bahkan saat sudah sampai ditangan kurir juga kita tidak tahu.

Kemudian karena paling murah, Amazon menggunakan kurir Pos Indonesia sebagai kurir pengirim saat sudah sampai di Indonesia.

Antara Pos Indonesia yang lambat atau memang sesuai harga yang dibayar, paket saya selalu sampai telat 1 bulan dari estimasi tanggal sampai.

Jadi saat itu buku saya diorder tanggal 11 April 2019, sekitar beberapa hari diberitahukan sudah dikirim, dan diperkirakan akan sampai sekitar bulan 11 Mei 2019, namun ternyata sampainya tanggal 15 Juni 2019.

Karena tidak ada tracking, maka kita tidak bisa bertanya dengan Customer Support mengenai barang kita sudah berada dimana, hanya bisa pasrah menunggu saja pak pos menemukan alamat rumah dan barang sampai dengan selamat.

Sejauh ini, sudah 4 kali menggunakan pengiriman standard no tracking ini, dan 3 barang sampai dengan selamat, 1 nya lagi tidak kunjung sampai sehingga saya mengajukan refund ke Amazon dan dikembalikan uang saya.

Kelebihan:

  • Paling Murah

Kekurangan:

  • Tidak ada tracking
  • Sering terlambat (1 bulan+)

2. AmazonGlobal Expedited Shipping

Opsi kedua ini sedikit lebih mahal (biasanya berbeda $0.5 hingga $1), namun banyak sekali kelebihan dibandingkan yang opsi pertama. Perkiraan pengiriman 9-14 Business Day.

Buku novel IT saya diorder menggunakan Expedited Shipping ini yang dilengkapi tracking, sehingga bisa dilacak sudah sampai mana.

Kemudian ketika paket sampai di Indonesia, tidak dikirim menggunakan Pos Indonesia yang lambat melainkan menggunakan kurir lainnya, tapi bukan kurir mainstream seperti JNE atau J&T ya.

Saat itu pengiriman pertama saya menggunakan kurir DHL Express yang sangat bagus pelayanannya, dan barang sampai dengan selamat.

Barang ke 2 dan ke 3 saya menggunakan kurir berbeda yaitu Aramex dan satu lagi saya lupa, pokoknya kurir lokal juga.

Semuanya sampai dengan selamat tanpa cacat sedikitpun.

Yang lebih bagusnya lagi adalah pengiriman super cepat sesuai estimasi (bahkan kadang lebih cepat), buku saya diorder tanggal 24 September 2019, diperkirakan sampai 10 Oktober 2019, dan ternyata tanggal 30 September 2019 sudah berada ditangan saya.

Sejauh ini kurir lokal selain Pos Indonesia sangat cepat, semuanya sudah ada kantor sendiri kalau dikota saya tidak tahu kalau di kota kalian ya.

Kelebihan:

  • Ada nomor tracking
  • Lebih cepat sampai
  • Prioritas bantuan CS Amazon

Kekurangan:

  • Sedikit lebih mahal

3. AmazonGlobal Priority Shipping

Nah yang satu ini adalah opsi paling bagus diantara semuanya, harganya juga lebih tinggi tentunya. Namun pelayanan yang didapatkan akan sepadan dengan harga.

Pengiriman paling cepat diantara yang lainnya, tetap menggunakan kurir lokal, namun sudah diprioritaskan paket kita agar sampai lebih cepat, misalnya sampai saat sore hari di kota tujuan, maka hari itu juga langsung dikirim tanpa menunggu hari esok lagi.

Sangat cocok buat yang tidak sabaran dan ingin mendapatkan paket lebih cepat, perkiraan sampainya adalah 2-5 Business Day yang dimana apabila melebihi tanggal tersebut, kalian akan mendapatkan refund 100% uang kembali dari Amazon (sudah terjamin).

Apabila ongkos kirim tidak bermasalah bagi kalian, maka ini adalah pilihan terbaik.

Kelebihan:

  • Paling cepat sampai
  • Prioritas Amazon
  • Refund apabila terlambat

Kekurangan:

  • Paling mahal

Bagaimana Kalau Barang Hilang atau Tidak Sampai ?

Semua paket yang dijual langsung dari Amazon (sebagai penjual, bukan pihak ketiga atau orang lain) terlambat atau hilang, maka akan diganti langsung oleh mereka dan tidak ribet prosesnya.

Namun apabila paket kalian dibeli dari orang lain, misalnya penjual yang menjual barang di Amazon (bukan Amazon langsung), maka akan lebih lama prosesnya.

Sebab kalian harus menghubungi mereka, mencari kesepakatan sebelum mendapatkan uang kalian kembali, karena tentu mereka tidak mau rugi.

Semua panduan lengkap sudah saya bahas di Cara Mengajukan Refund Order Amazon (100% Works) yang berdasarkan pengalaman saya sendiri saat berbelanja di sana.

Kenapa Kurir Pos Indonesia Lama Sampainya ?

Kalau pertanyaan ini juga saya sendiri tidak tahu jawabannya, sempat kesal juga karena memakan waktu sangat lama melebihi estimasi Amazon.

Namun kalau kita pikir-pikir juga, sepertinya memang masuk akal karena yang dikirim menggunakan mereka adalah opsi paling murah sehingga bisa disebut sesuai dengan harga yang kita bayar.

Karena ongkos kirim yang kita bayar masih dibagi antara Amazon dan kurir lokal sini. Kita juga tidak bisa ingin cepat-cepat kalau memang sudah ketentuannya seperti itu.

Tapi sepertinya pak pos memang suka lambat dalam pengiriman, soalnya saya pernah membeli barang dari Tokopedia dari Jawa Barat ke Kalimantan, yang memakan waktu 5-6 hari (kurir normal hanya 2-3 hari saja).

Jadi bisa disimpulkan sendiri ya.

Baca Juga: 5 Novel Horor Rekomendasi Terbaik Karya Stephen King

Apakah Akan Dikenakan Bea Cukai ?

Selama ini barang yang saya beli rata-rata adalah buku (tidak dikenakan bea cukai), dan harga minimal sebuah barang untuk dikenakan biaya adalah seharga atau diatas $3 / Rp 75.000 akan dikenakan biaya pajak sesuai peraturan bea cukai 2020

Biasanya barang akan dicek apakah dikenakan pajak saat sampai di bandara Indonesia, apabila memang melebihi maka nomor kalian akan dihubungi untuk menebus paket kiriman dengan membayar pajak terlebih dahulu.

Jika tidak dibayar maka barang juga tidak akan dikirim ke kalian, jadi pastikan cek terlebih dahulu apakah barang melebihi harga diatas dan termasuk atau tidak dalam daftar barang bea cukai.

Kesimpulan

Pengiriman paket dari Amazon US ke Indonesia akan sampai dalam waktu kurang lebih 3-14 hari untuk pemilihan paket yang bisa dilacak dan merupakan bagian dari AmazonGlobal Expedited Shipping, sedangkan untuk pengiriman yang tidak bisa dilacak, akan sampai dalam waktu kurang lebih 1-2 bulan.


Walaupun harga ongkir yang lebih mahal dari belanja lokal, namun barang yang akan kalian dapatkan akan lebih terjamin keasliannya apabila memang hanya tersedia dan produksi dari luar negeri.

Kalau menurut saya $10 untuk ongkir tidak terlalu besar mengingat barangnya dikirim dari cukup jauh untuk sampai ke Indonesia.

Apabila teman-teman ada pertanyaan lainnya, silahkan bertanya dibawah dan akan saya jawab apabila saya tahu jawabannya.

Semoga Bermanfaat!

5 thoughts on “Berapa Lama Pengiriman Paket Amazon ke Indonesia

  1. Fandrei

    Bro kok harga sebuah t-shirt yang sekitar 360 ribuan begitu sampai di tangan mencapai 700-an ribu!!! Itu harga sudah melebihi harga barangnya sendiri. Adakah alternatif lain untuk mendapatkan harga yang lebih masuk akal? Mana yang lebih baik menggunakan jasa pihak ke-3 atau langsung dari Amazon?

    Reply
    1. Admin Post author

      Halo Fandrei, sorry late reply, harga 700-an ribu kemungkinan sudah termasuk ongkir dan pajak, alternatif yang paling disarankan adalah menggunakan jasa pihak ke 3, namun harus cari yang terpercaya 🙂

      Reply
  2. Naufal Halef

    Ingin bertanya, agan ketika berbelanja di amazon pernah kena bea cukai tidak? Soalnya saya pernah dengar kalau bea cukai sudah dihitung dan dimasukkan biayanya di shipping fee.
    Kalau pernah, berapa total bea cukai yang agan harus bayar?

    Reply
  3. Naufal

    Bro, Ingin bertanya, agan ketika berbelanja di amazon pernah kena bea cukai tidak? Soalnya saya pernah dengar kalau bea cukai sudah dihitung dan dimasukkan biayanya di shipping fee.
    Kalau pernah, berapa total bea cukai yang agan harus bayar?

    Reply
    1. HobiKetik Post author

      Halo Naufal, saat itu saya belanjanya dibawah $75 (aturan saat itu) dan saat itu belum ada aturan baru bea cukai juga, kalau tidak salah sekarang ada biayanya walaupun dibawah $75, dan untuk bea cukai itu belum termasuk di shipping Amazon, melainkan ditagih oleh pihak kurir saat barang sudah berada dibandara, jadi nanti kurir antar kerumah, barulah ditagih biaya bea cukai.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *