Solusi Paket J&T Tidak Sampai Namun Status Delivered

Pada tanggal 2 Maret 2020 kemarin saya membeli barang dari toko online Shopee berupa buku, dan kebetulan hanya tersedia jasa pengiriman kurir J&T Express, maka itulah yang digunakan.

Paket pengiriman yang digunakan adalah reguler dengan estimasi sampai sekitar 3-4 hari dan normalnya 2 hari sudah sampai berdasarkan pengalaman saya sebelumnya.

Anehnya pada kasus yang ini adalah status paket saya berubah menjadi delivered padahal saya belum menerima paket sama sekali. Status ini muncul pada tanggal 5 Maret 2020 (3 hari setelah pengiriman).

status delivered paket kurir jnt

Ini merupakan kejadian kedua saya mengalami masalah ini, sebelumnya pada bulan Februari saya juga mendapatkan kasus yang sama, namun 2 hari kemudian saya menerima barang (dari setelah status delivered palsu).

Baca Juga: Cara Mengajukan Refund Order Amazon (100% Works)

Saya pun mulai menyimpulkan bahwa kurir J&T melakukan kecurangan dengan menekan tombol selesai kirim padahal tidak dikirim pada hari itu, entah itu alasannya malas atau memang ingin curang.

Apabila kalian ingin cek resi dan status paket kalian, langsung kunjungi jet.co.id kemudian pada bagian Search pilih Trace & Track dan masukkan resi kalian.

cek resi kurir jnt express

Berikut adalah hasil tracking resi paket saya yang jelas-jelas berubah menjadi Delivered:

status delivered jnt express

Mencari dan Memastikan Paket Belum Diterima

Ada beberapa kemungkinan dari kejadian ini:

  1. Paket sudah diterima orang rumah
  2. Paket salah kirim ke tetangga
  3. Paket hilang dicuri
  4. Paket tidak dikirim dan masih digudang

Beberapa kemungkinan diatas sangat mungkin terjadi, jadi coba kalian pastikan dulu bertanya orang rumah apakah ada menerima paket dari kurir atau kelupaan taruh dimana.

Kemudian coba ingat-ingat apakah kalian berada dirumah pada saat kurir mengirimkan paket (biasanya langsung dikirim saat sudah sampai kota tujuan).

Lalu jangan lupa tanya tetangga kalian apakah ada dititipkan paket, karena bisa jadi saat itu rumah kalian kosong dan akhirnya kurir menitipkan ke tetangga kalian.

Nah, apabila sudah dipastikan dan masih belum ada, maka 2 kemungkinan terakhir adalah antara dicuri atau memang belum dikirim.

Baca Juga: Berapa Lama Pengiriman Paket Amazon ke Indonesia

Mengambil Paket di Kantor J&T Express Pusat (Gudang)

Pengalaman saya sendiri mengenai buku diatas, karena sudah telat 5 hari lebih dan status sudah delivered atas nama penerima (padahal belum sampai), maka saya langsung pergi ke kantor mereka.

Kebetulan dikota saya ada 7 cabang JNT Express dan saya mulai dari yang paling dekat dengan rumah karena saya pikir paket berada disana sebelum diantar ke alamat.

Ternyata tidak ada, dan saya diarahkan ke cabang lain yang cukup jauh, yaitu seperti “pusat” barang mereka dikota saya.

Katanya hanya bisa melakukan pengiriman barang dari sana sekaligus klaim kehilangan barang, sehingga saya asumsikan itu adalah gudang mereka.

Setelah mengambil nomor antrian dan menunggu, customer service pun menanyakan perihal barang saya seperti nomor resi dan isi barang tersebut.

Akhirnya mereka masuk, kemudian keluar membawakan paket yang saya tunggu 5 hari tersebut.

Ternyata sama sekali belum dikirim oleh kurirnya, namun anehnya status sudah delivered beberapa hari.

Untuk mengambil barang kalian harus memberikan KTP untuk diambil fotonya sebagai tanda bukti pengambilan, dan tidak perlu membayar lagi karena saya sudah bayar dari toko online.

Baca Juga: Pengalaman Membeli Buku di Amazon US

Mencari Kantor J&T Express Pusat (Gudang)

Kantor pusat atau gudang adalah tempat mereka menerima barang saat diterima atau sampai dikota tujuan, jadi semuanya ditampung disini.

Kemudian didistribusikan ke cabang lainnya sesuai dengan alamat terdekat, yang nantinya diantar oleh kurir-kurir masing-masing area tersebut.

Jika bingung harus pergi kemana terlebih dahulu, maka gunakan Google Maps untuk mencari lokasi kantor JNT terdekat, setelah sampai dan ternyata bukan kantor gudang utama maka kalian akan diarahkan ke kantor pusat mereka.

lokasi kantor jnt express

Penutup

Saat berada di kantor J&T, terlihat papan terpampang jelas berisi visi dan misi mereka yang nyatanya tidak sesuai kenyataan seperti keakurasian tracking yang sama sekali tidak akurat.

Memang sedikit ribet untuk mencari barang yang tidak kunjung sampai apalagi hilang dalam perjalanan terlebih jika harga barang sangat mahal.

Mungkin solusi satu-satunya adalah jangan menggunakan jasa pengiriman ini lagi dan gunakan yang lain seperti JNE Express yang selama ini 100% tidak pernah mengecewakan saya (hampir 50 kali pengiriman).

Sudah 2 kali saya mengalami kasus yang sama, keduanya pula dengan nama kurir yang sama yaitu Belly Geofandra dari Kota Pontianak, yang bekerja secara lalai dan tidak mengikuti pedoman JNT.

Aneh saja pihak JNT masih mempekerjakan kurir yang lalai dan memang tidak niat bekerja ini, saya yakin bukan hanya saya saja karena sudah banyak laporan di internet mengenai kejadian yang sama karena kurir ingin cepat-cepat selesaikan pengiriman.

Apa gunanya membayar biaya ongkir mahal-mahal namun saya sendiri yang harus pergi mengambil paket ?

10 thoughts on “Solusi Paket J&T Tidak Sampai Namun Status Delivered”

  1. Terima kasih telah share,
    kebetulan saya bisa sampai sini karena ketik nama kurir tersebut dari google

    Paket yang saya kirimkan tidak diterima oleh teman saya, namun pada status ditulis sudah diterima ybs padahal tidak. Sungguh mengecewakan J&T.

    Besok tidak akan pakai jasa kurir ini lagi

    Reply
    • Halo Budiman, sepertinya memang sudah banyak yang menjadi korban kurir ini, anehnya pihak J&T masih mempekerjakan kurir semacam ini.

      Reply
  2. Hallo,,,, sama persis sy jg mengalami hal seperti itu,,, knpa j&t msh memakai kurir sprti itu…🤦‍♀️🤷‍♀️

    Reply
  3. Persis seperti yang saya alami sekarang. Status dibuat delivered, padahal saya belum menerima paket, selain itu beberapa kali pengiriman gagal dengan alasan drop point hingga 4 kali. Saya sudah mencoba menghubungi akun sosmed J & T, namun tidak dibaca. Saya sangat kecewa, padahal ini pertama kali saya memakai jasa J & T, biasaanya saya pakai JNE, dan ini pertama kali saya menyesal pakai jasa kirim barang.

    Reply
  4. Saya juga baru pertama kali mengalami kejadian seperti ini, paket pertama sampai didrop point lalu dikirim ke alamat saya jam stngh 4 jam setengah 6 kurirnya chat kalo banyak barang jd dikirim besok lg disaat itu juga status paketnya delivered. Trs besoknya paket kedua saya dateng di drop point, saya lihat dikirim ke alamat jam 10 tp sampai sore blm dateng padahal ga jauh bgt. Dan jam 6 tiba tiba statusnya delivered lg. Saya chat kurirnya dan staff dr drop pointnya karena saya bingung udh dikirim beneran apa blm tp belum dijawab juga cuma centang dua. Akhirnya jam 8 saya hubungi hotline jnt utk dibantu. Terus jam 11 baru dibalas sama kurirnya katanya salah scan penerimaan. Besok siang baru dateng sambil ambil foto bukti buat jawaban komplain saya. Katanya bakal didenda 500ribu kalau melakukan kesalahan

    Reply
  5. Paket berasal dari karawang menuju muntok bangka belitung,, sesampai dipangkal pinang, seharusnya dilanjutkan menuju muntok, malah dikirim balik arah bandung, terus sampai dikarawang lagi, lalu notif ; salah sortir, akhirnya orderan dibatalkan pesanan oleh pelanggan saya karena diluar estimasi waktu pengiriman,, sungguh sangat mengecewakan JNT dengan gampang ketik notif; salah sortir di bilah status pelacakan. ‘pelanggan saya lagi URGENT barang tersebut, ngab!

    Reply
  6. aku juga kena tipu seorang pengirim yg namanya pengiriman gak jelas kok bisa kirim ke jnt ini gmn, masak nama pengirim (lsjsbdvlddkdmsls_gkh) ni nama apa cobak no tlp yg tertera gak bisa di hubungin. mau tolak pesanan karena tidak sesui dengan yang saya pesan. saya suruh kembalikan katanya tidak bisa. ni sebenernya jasa pengiriman pa jasa membantu penipu sih.
    kalau jasa pengiriman tu harus membatu yg memesan barang bukan membatu penjual penipu, gmn pelanggan bisa puas kalau kayak gini, juba ngak ada orang yg pesen barang pasti tidak ada yg akan memakai jasa pengiriman nih, harusnya yg di utamakan tu yg menerima barang bukan pengirim barang.

    Reply
  7. Saya juga nih pak baru kena ini, dan kali pertama guna JnT. Paketnya makanan, sampenya kemarin. Hari ini sy komplain lewat call center. Ktny disuruh tunggu 3 hari. Lah itu makanan, sy blg pasti basi. Cm ktny ditunggu untuk konfirmasi berikutnya. Saya kesal, sebab itu isinya makanan buatan mama sy, dn sy sdh ngidam ingin makan itu. 😭😭😭😭😭

    Reply

Leave a Comment